Macam Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengobatinya

Diliansir situs kesehatan dunia kurang lebih ada 56 jenis penyakit mata yang siap mengancam siapa saja, tapi terdapat kurang lebih 7 penyakit mata yang sering terjadi di indonesia, dan berikut ini Macam Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengobatinya dengan benar.

1. Rabun jauh

Adalah kondisi mata di mana mata Anda dapat melihat benda-benda di dekatnya dengan jelas, tetapi objek yang jauh terlihat kabur atau buram. Rabun jauh juga disebut miopi hampir 30 persen orang dewasa dan anak-anak di indonesai menderita rabun jauh. Penyebabnya sendiri adalah terjadi kesalahan bias. yaitu ketika mata Anda tidak memfokuskan cahaya dengan benar. Jika Anda rabun jauh, mata Anda memfokuskan cahaya yang masuk ke mata di depan retina bukan ke retina.

2. Rabun dekat

Rabun dekat atau hyperopia diartikan sangat mudah bagi Anda untuk melihat hal-hal yang jauh, tapi yang dekat terlihat kabur, Orang-orang dapat memiliki berbagai tingkat rabun jauh, tergantung pada kemampuan mata mereka untuk fokus pada close-up benda. Jika Anda hanya dapat melihat dengan jelas objek yang sangat jauh, Anda sangat rabun dekat. Dua bagian mata bertanggung jawab untuk fokus: kornea dan lensa.

Kornea  adalah permukaan depan yang jelas mata. lensa adalah struktur di dalam mata Anda yang berubah bentuk seperti yang Anda fokus pada objek. Kornea dan lensa bekerja sama untuk membiaskan (tikungan) cahaya yang masuk, dan kemudian untuk memfokuskan cahaya ke retina yang Anda. The retina di belakang bola mata Anda. Ini menerima informasi visual dan mengirimkannya ke Anda saraf optik, yang membawa informasi ke otak Anda.

3. Glaukoma

Macam Macam Penyakit MataGlaukoma bukanlah penyakit mata tunggal, tetapi bukan sebuah istilah untuk kondisi beberapa mata yang dapat merusak saraf optik Anda. Saraf optik adalah saraf yang memasok informasi visual ke otak Anda dari mata Anda. Glaukoma biasanya (tetapi tidak selalu) hasil dari tekanan yang abnormal tinggi di dalam mata.

Seiring waktu, tekanan yang meningkat dapat mengikis jaringan saraf optik, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau bahkan kebutaan. Jika tertangkap awal, Anda mungkin dapat mencegah kehilangan penglihatan tambahan. Biasanya penyakit mata glaukoma disebabkankarena penyakit tertentu seperti diabetes

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis, yang biasa disebut “mata merah muda,” adalah infeksi atau pembengkakan di daerah mata. Pembuluh darah di konjungtiva, selaput tipis yang melapisi bagian mata, menjadi meradang. Hal ini memberikan mata warna merah atau merah muda yang umumnya terkait dengan konjungtivitis.

5. Mata katarak

Penyakit katatarak membuat penglihatan mata jadi buram, hal ini dikarenakan teeradinya penebalan lensa mata dan biasa terjadi pada lanjut usia

6. Mata Merah

Mata kering terjadi ketika mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata, atau menghasilkan air mata yang tidak dapat secara efektif menjaga mata Anda lembab.Air mata yang diperlukan untuk membantu menjaga kelembaban cukup di mata Anda. Mereka menjaga permukaan mata halus, membasuh benda asing, dan juga membantu untuk melindungi mata dari infeksi.

7. Mata Berair

Air mata menjaga mata Anda dilumasi dan membantu untuk mencuci benda asing dan debu menjauh. Ketika Anda menghasilkan terlalu banyak air mata, mereka membanjiri saluran air mata Anda, dan Anda mengembangkan mata berair.

Kelenjar di bawah kulit kelopak mata atas Anda menghasilkan cairan yang mengandung air dan garam. Ketika Anda berkedip, itu menyebar dan membuat mata Anda lembab. Kelenjar lainnya menghasilkan minyak yang menjaga air mata dari penguapan terlalu cepat atau dari tumpah keluar. Air mata biasanya dibuang melalui saluran air mata Anda dan melalui penguapan.

Ketujuh penyakit diatas atalah top chart penyakit mata yang paling sering terjadi, Negara tercinta indonesia yang beriklim tropis membuat perkembangan penyakit mata semakin banyak dan juga mudah, belum radiasi dari alat elektronik yang ama menyebabkan penyakit mata. Untuk itu jangan abaikan agar tidak terserang  lakukan pencegahannya mulai dari sekarang, dan lakukan pengobatannya yang paling tepat jika sudah terserang.

Hati-hati: DEPRESI Memperburuk Sakit JANTUNG!

Sudah lama masalah kejiwaan diduga ada hubungan dengan sakit jantung. ‘Kenapa bisa sakit jantung Dok? Gara-gara stres ya Dok?’ Pertanyaan macam begini hampir tiap hari saya dengar ketika saya ‘memvonis’ seseorang menderita sakit jantung.

Salah satu masalah kejiwaan terbanyak adalah DEPRESI. Laporan studi Global Burden of Disease (GBD) tahun 2010 menyebutkan bahwa Kelainan Depresi Mayor (MDD = Major Depressive Disorder) merupakan penyebab kecacatan kedua terbanyak di dunia. Angka ini terus meningkat setelah sebelumnya pada GBD 1990 menempati urutan keempat dan GBD 2000 urutan ketiga. (Rupanya, banyak sekali orang yang depresi di muka bumi ini ya ). Laporan GBD 2010 juga menyebutkan bahwa depresi memiliki andil terbesar terhadap angka kejadian bunuh diri dan penyakit jantung koroner.*

Kecurigaan adanya hubungan antara depresi dengan penyakit jantung koroner juga nampak dari tingginya persentase penderita depresi di antara pasien jantung. Di Amerika, sekitar 20% pasien yang mengalami serangan jantung juga menderita depresi. Bandingkan dengan persentase penderita depresi yang hanya 4% pada populasi umum.

DEPRESI Memperburuk Sakit JANTUNGOleh karena itu beberapa ahli berpikir bahwa depresi memiliki hubungan kausatif (merupakan salah satu penyebab) penyakit jantung, atau setidaknya, adanya depresi memperburuk kondisi sakit jantung. Banyak ahli yang juga mulai mempertanyakan apakah sudah waktunya untuk menempatkan depresi ‘sejajar’ dengan faktor-faktor resiko jantung lainnya seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, merokok, dan obesitas.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, Asosiasi Jantung Amerika (AHA = American Heart Association) menetapkan panel ahli yang terdiri dari 12 orang untuk meneliti hal ini. Mereka mencari semua penelitian yang berhubungan dengan depresi dan penyakit jantung koroner. Didapatkan 53 studi yang seusai dengan topik ini. Dari 53 studi ini, 32 studi menunjukkan adanya hubungan antara depresi dengan peningkatan angka kematian pada pasien-pasien yang mengalami serangan jantung. 12 studi lainnya secara lebih spesifik menunjukkan adanya hubungan antara depresi dengan peningkatan angka kematian kardiovaskular pada pasien-pasien yang mengalami serangan jantung.

Berdasarkan temuan ini panel ahli ini merekomendasikan kepada AHA untuk ‘meningkatkan status’ depresi menjadi faktor resiko ‘resmi’ terhadap terjadinya kematian pada pasien yang mengalami serangan jantung. Ini berarti, setiap pasien yang mengalami serangan jantung harus diperiksa ada tidaknya depresi, sama seperti keharusan untuk memeriksa ada tidaknya faktor-faktor resiko lainnya (hipertensi, diabetes, kolesterol, merokok, dan obesitas).**

Sayangnya temuan ini belum dapat disertai dengan rekomendasi untuk pemberian obat-obatan anti depresi. Dari sekian banyak studi di atas, tidak cukup banyak penelitian yang meneliti efek pengobatan depresi terhadap perjalanan penyakit pasien yang mengalami serangan jantung. Hanya didapatkan 1 studi yang meneliti hal tersebut, dan penelitian ini tidak menunjukkan bukti bahwa obat-obat anti depresi yang diberikan dapat memperbaiki perjalanan penyakit penderita penyakit jantung. Hal ini jelas berbeda dengan faktor-faktor resiko yang lain seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, merokok, dan obesitas. Kondisi-kondisi tersebut di atas, bila ditangani atau diobati dengan baik, selalu memperbaiki perjalanan penyakit penderita sakit jantung.

Jadi, apa kesimpulan yang dapat kita tarik? Yang pertama, jelas bahwa adanya depresi memperburuk sakit jantung, yaitu meningkatkan angka kematian pada penderita yang telah mengalami serangan jantung. Kesimpulan kedua, (sayangnya) pengobatan dengan obat anti depresi sampai saat ini belum terbukti bisa memperbaiki perjalanan penyakit pasien jantung. Jadi, bagaimana jalan keluarnya? Ya, sementara ini (sampai ada penelitian lebih lanjut) kalau bisa jangan depresi. Seperti kata teman saya,’Enjoy aja. Don’t worry, be happy!’

Apa saja ciri-ciri tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun?

Apa saja ciri-ciri tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun? Sejak dilahirkan bayi akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Proses tumbuh kembang anak memiliki dua makna. Tumbuh yakni bertambahnya ukuran fisik seperti tinggi, berat badan dan lingkar kepala. Berkembang yang artinya perkembangan sistem organ tubuh diantaranya kemampuan motorik, sensorik dan kognitif. Dan proses tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang kita berikan dari pola makan sehari-hari.

Dan sebaliknya jika anak kurang nutrisi pada proses tumbuh kembangnya maka resikonya besar. Satu diantaranya seperti anak hilang nafsu makan, mudah sakit, berat badan menjadi kurang dari usianya, gusi anak jadi mudah berdarah, kulit anak terlihat pucat dan kusam. Dan yang paling gawat proses tumbuh kembang anak yang optimal menjadi gagal tercapai. Untuk mencegah hal tersebut anda wajib tahu sukses dan tidaknya tumbuh kembang anak berikut.

ciri-ciri tumbuh kembang anak usia 1-5 tahunPertama faktor internal yakni faktor yang berasal dari genetika atau keturunan dari orang tua. Yang kedua adalah faktor eksternal diantaranya adalah asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Nutrisi lengkap dan seimbang merupakan panduan yang sesuai dengan piramida gizi makanan. Ada vitamin dan zat nutrisi lain yang vital untuk tumbuh kembang anak. Dan sumber asupan harian yang sering luput adalah buah-buahan meliputi 5-8 porsi buah dengan 10 macam buah yang berbeda.

Hasil riset dasar pada tahun 2013 secara nasional diperkirakan prevalensi penderita gizi buruk tidak kurang dari 4.6 juta balita. Kondisi gizi buruk dan kurang adalah hal yang paling tidak kita inginkan terjadi pada anak. Yang artinya tumbuh kembang anak menjadi terganggu dan anak menjadi mudah sakit. Contohnya jika anak kekurangan viatmin a yang berperan untuk kesehatan mata. Anak akan mengalami gejala penglihatan mata yang bisa berakibat mengganggu prestasi disekolahnya.

Selain itu contoh lainnya jika anak kekurangan asam folat dan vitamin b kompleks maka anak beresiko mengalami gejala anemia, pucat putih, letih lesu dan sakit kepala. Anak juga perlu vitamin c untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena kekurangan vitamin c akan menimbulkan gusi mudah berdarah, sariawan dan lesu. Tak lupa vitamin d untuk pembentukan tulang dan gigi. Karena kekurangan vitamin d akan menimbulkan gejala yang dikenal dengan ricketsia yaitu kondisi dimana pembentukan mineralisasi mineral tulang tidak maksimal.

Untuk membantu tumbuh kembang otak anak dibutuhkan aa, dha, epa, folid acid dan asam glutamat. Dan jika kekurangan zat nutrisi ini maka tumbuh kembang anak yang meliputi perkembangan motorik kasar, motorik halus dan fungsi otak anak menjadi terhambat bahkan terganggu. Vitamin tidak diproduksi didalam tubuh. Dan cara mendapatkannya adalah dari apa yang dimakan sehari-hari. Pada beberapa kasus pemberian multivitamin untuk anak menjadi salah satu pilihan yang bijak. Itulah tadi beberapa ciri-ciri tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun.

Cara tepat dan ampuh menghilangkan perut yang kembung

menghilangkan perut yang kembung – Perut kembung diakibatkan oleh produksi gas yang berlebih dari dalam perut. Sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman, kembung dan kerap kali diikuti oleh rasa begah. Didalam dunia medis kondisi ini dikenal dengan istilah dispepsia. Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna. Hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal sederhana misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan makanan penyebab gas dan makan terlalu cepat. Ada cara alami untuk mengatasi masalah perut kembung. Yaitu dengan melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini. Pertama kurangilah minum dengan menggunakan sedotan.

menghilangkan perut yang kembungKetika anda minum dengan menggunakan sedotan yang terjadi adalah besar potensi udara didalam jeda sedotan ikut masuk kedalam pencernaan. Jika hal ini berakumulasi dapat menyebabkan perut kembung. Kedua berhentilah merokok. Tidak hanya penyakit pernapasan dan jantung saja yang disebabkan oleh rokok tetapi juga perut kembung. Dengan berhenti merokok anda mengurangi resiko terinfeksi bakteri helicobakter pylori. Helicobacter pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan produksi gas berlebih dan dapat pula menyebabkan luka dilambung.

Sehingga menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan yang lebih parah. Yang ketiga makanlah secara perlahan, jika anda makan terlalu cepat maka organ pencernaan anda akan menghasilkan gas yang berlebihan. Keempat hindarilah makanan dan minuman yang dapat memicu gas seperti brokoli, sawi, makanan berlemak, makanan pedas, junk food, kopi kacang-kacangan dan lainnya. Tapi di lain sisi ada makanan yang dapat membantu mengatasi masalah perut kembung salah satunya adalah makanan yang tinggi akan serat. Serat baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

Serat dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Juga dari gandum dan nasi merah. Pastikan sayuran yang anda makan bukanlah jenis sayuran yang menyebabkan perut kembung. Seperti sawi, brokoli dan kol. Berikutnya bahan-bahan alami yang dapat mengobati perut kembung adalah royal jelly, nanas, jahe, kunyit dan pepermint. Bahan-bahan ini dapat anda jadikan teman minuman hangat. Pepermint dapat membantu meringankan rasa mual anda. Terutama jahe yang dapat membantu mengatasi dan mencegah peradangan pada organ pencernaan. Itulah cara mengatasi kembung yang dapat anda lakukan dirumah tanpa harus ke dokter.

cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami

cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami – Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang berperan penting untuk tubuh kita. Pada prinsipnya kolesterol diperlukan tubuh untuk proses pembentukan sel dalam tubuh, pembentukan hormon steroid, pembentukan hormon vitamin D, serta bahan untuk membuat hormon-hormon sex dan hormon kostikosteroid. Kolesterol hadir ditubuh kita melalui 2 pintu. Pertama diproduksi sendiri dari tubuh melalui liver. Kedua melalui penyerapan makanan di saluran pencernaan. Kolesterol dari produksi liver dan makanan yang kita konsumsi akan saling menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah kita.

Idealnya kedua sumber kolesterol tersebut haruslah selalu seimbang. Kolesterol dalam proses perjalanannya ke seluruh tubuh dibawa zat lipoprotein. Ada 3 jenis zat yang membawa lipo protein kolesterol yakni hdl, ldl dan trigriselid. Ldl dan trigriselid adalah kolesterol jahat karena dalam perjalanannya ke seluruh tubuh kerapkali mudah tersangkut dan tertimbun menjadi plak. Timbulnya plak tersebut menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah yang bisa menyebabkan resiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alamiSelain ldl ada juga hdl yang dikenal sebagai kolesterol baik karena dalam perjalanannya tidak menyebabkan resiko penyumbatan di pembuluh darah. Selain itu kolesterol hdl dalam sirkulasinya membantu menyerap kolesterol ldl dan trigliselid yang menimbun sehingga memperkecil terjadinya penyumbatan. Kolesterol tidak pandang bulu baik pria atau wanita. Mulai usia 20 tahun sudah memiliki resiko yang sama. Terutama jika anda memiliki berat badan berlebih, karena pola makan tidak sehat, jarang olahraga dan diperparah dengan merokok.

Apa yang anda makan mempengaruhi kadar keseimbangan kolesterol ldl dan trigriselid di tubuh anda. Contohnya makanan yang dapat menyebabkan kolesterol ldl menjadi tinggi adalah makanan berlemak jenuh, makanan yang digoreng dan lainnya. Sementara makanan yang menyebabkan trigriselid menjadi tinggi adalah makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi kalori. Jadi semakin tinggi kadar lemak dalam makanan yang kita konsumsi maka semakin tinggi kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Sebaliknya makanan tinggi hdl bisa didapat dari jenis makanan seperti oatmeal, alpukat, ikan salmon, minyak ikan dan minyak kril. Minyak kril atau kril oil adalah minyak yang diambil dari zoplangton yang hidup diperairan dalam antartika yang bernama kril. Omega 3 dalam kri oil berbentuk phospolypid sehingga mudah diserap tubuh hingga 98%. Lebih baik dari omega 3 minyak ikan yang hanya diserap tubuh 60%. Selain epa dan dha kril oil juga mengandung astaxantin sebagai antioksidan alami. Dengan kandungan dari kril oil tersebut kolesterol ldl dan trigriselid tak hanya dapat diturunkan tetapi juga dapat meningkatkan hdl dan mencegah perandangan di dinding pembuluh darah.