Definisi dan hubungan erat antara kesegaran jasmani, kesehatan dan juga pelatihan

Supaya dapat memahami sejauh mana, hubungan erat antara definisi kesehatan dan kesegaran jasmani, Terlebih dahulu perlu dikemukakan batasan-batasan sehat ( kesehatan ) seperti berikut ini. Yang dimaksud dengan kesehatan adalah meliputi kesehatan badan, rohani (mental), serta sosial, dan bukan hanya sekedar keadaan fisik yang bebas dari penyakit, cacad maupun kelemahan semata. Yang dimaksud dengan kesehatan rohani (kesehatan mental) merupakan suatu kondisi dimana perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal memungkinkan seseorang dan perkembangan-perkembangan itu berjalan lurus dengan keadaan orang lain.

Yang dimaksud dengan kesehatan sosial merupakan suatu kondisi perikehidupan dalam sebuah masyarakat yang sedemikian rupa sehingga setiap warga Negaranya memiliki kemampuan yang cukuo untuk dapat memelihara dan juga memajukan kehidupannya sendiri serta kehidupan keluarganya didalam masyarakat yang memungkinkan untuk dapat bekerja, beristirahat dan dapat menikmati hiburan pada waktunya. Dari sini sudah sangat jelas bahwa definisi sehat bersifat menyeluruh, dan dapat menyangkut segala aspek kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk psikososiosomatis, suatu hubungan antara jiwa raga serta lingkungannya.

Pengertian Sehat

Pengertian SehatSehat menurut ilmu faal merupakan keadaan normal dari fungsi pada alat-alat tubuh. Sebab fungsi alat-alat tubuh dapat berubah-ubah antara keadaan saat beristirahat dan saat seseorang bekerja maksimal, maka dari itu sehat dilihat dari segi ilmu faal dibagi dalam dua tingkatan:

  1. Sehat statis : suatu keadaan dimana peran alat-alat didalam tubuh tetap dalam keadaan normal pada waktu istirahat.
  1. Sehat dinamis : suatu keadaan dimana alat-alatdidalam tubuh menjalankan perannya dengan normal pada waktu melakukan kerja.

Orang dalam keadaan sehat dinamis tentu sudah dipastikan sehat statis, namunorang dalam keadaan sehat statis belum tentu dalam keadaan sehat dinamis. Sebagai contoh: Seorang penderita penyakit jantung yang belum terlalu parah, gejala-gejala dari penyakit jantung itu sendiri akan terlihat apabila orang tersebut sedang melakukan aktivitas.

Sudah jelas bahwa seseorang dengan fungsi alat-alat tubuhyang hanya dapat melayani dan menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan kebutuhan jasmani pada saat istirahat saja, atau dapat dikatakan hanya dalam keadaan sehat statis saja akan mengakibatkan pekerjaan sangat tidak produktif. Berbeda dengan seseorang dalam keadaan sehat dinamis.

Ia akan dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan jasmani. Sebab tuntutan jasmani untuk suatu pekerjaan sangatlah bervariasiantara kerja yang bersifat ringan sampai kerja berat, dapat disimpulkam bahwa sehat dinamismerupakan suatu pengertian yang relatif dan dapat berubah-ubah antara keadaan istirahat dan keadaan kerja maksimal dari seseorang.

Pengertian Kesegaran Jasmani

Secara harfiah physical fitness merupakan suuatu kesesuaian fisik atau kecocokan secara jasmani. Dan hal ini yang dumaksud adalah sesuai dan cocok dengan tugas-tugasnya, yang tergantung dari aspek-aspek secara jasmani dan rohanidari individu yang bersangkutan. Misalnya untuk dapat mencapai prestasi yang setinggi-tingginya selalu dibutuhkan kesesuaian bentuk tubuh pada cabang olahraga yang bersangkutan, efektivitas organ-organ tubuh untuk jenis olahraga tersebut, dan pandangan maupun sikap dari individu untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Dari sinilah muncul istilah:

–          anatomical fitness

–          physiological fitness

Seorang individu dapat dikatakan memiliki anatomical fitness untuk dapat melakukan suatu usaha maupun kegiatan, jika dirinya dapat memenuhi persyaratan kelengkapan anggota tubuh yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Seorang individu akan dikatakan memiliki physiological fitness untuk dapat melakukan suatu kegiatan, jika dirinya dapat melakukan kegiatan tersebut dengan tangkas dan dapat pulih (recovery) dengan cepat dari suatu keadaan yang muncul sebagai akibat melakukan kegiatan tersebut.

Semua kegiatan memerlukan kekuatan dari otot, ketangkasan dan daya tahan yang baik. Meskipun tidak sama untuk bermacam-macam jenis kegiatan. Secara singkat physiological fitness merupakan suatu kemampuan tubuh untuk dapat menjalankan tugasnya secara optimal.

Leave A Comment...

*