Tahukah Anda Apa Saja Jenis-Jenis Polusi Dan Dampaknya?

Polusi atau yang biasa disebut dengan pencemaran lingkungan merupakan proses masuknya atau dimasukkannya berbagai makhluk hidup, zat energi, ataupun komponen lain ke dalam suatu wilayah lingkungan, atau berubahnya tatanan suatu lingkungan yang disebabkan oleh adanya kegiatan manusia maupun oleh berbagai proses alam sehingga kualitas dari suatu lingkungan mengalami penurunan sampai pada tingkatan tertentu, hal inilah yang menyebabkan kualitas suatu lingkungan menjadi kurang ataupun tidak dapat berfungsi sesuai dengan kegunaannya.

Segala macam sesuatu yang dapat mengakibatkanmunculnya polusi disebut polutan. Ada beberapa kriteria-kriteria yang dapat disebut sebagai polutan, yaknijika kadarnya melebihi batas yang normal, berada pada suatu tempat yang tidak semestinya, dan berada di waktu yang tidak tepat. Ada beberapa jenis polusi atau pencemaran yang terjadi pada lingkungan, yakni polusi tanah, polusi air, polusi udara, dan polusi suara. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai macam-macam polusi tersebut.

Polusi terhadap tanah

Polusi terhadap tanahBahan-bahan yang menjadi pencemar tanah umumnya berasal dari berbagai macam limbah, contohnya limbah dari pabrik, limbah dari rumah tangga, dan banyaknya sampah-sampah buangan dari organisme yang hidup di atasnya. Plastik sebagai bahan produksi dari industri mempunyai bahan yang elastis, kuat, dan sulit untuk dihancurkan oleh sistem kehidupan di dalam tanah.

Apabila sudah mencemari wilayah tanah dan jumlahnya terlalu banyak, maka tanah tersebut sulit untuk ditumbuhi tumbuhan karena sudah tidak subur lagi. Proses pembuangan dan juga penumpukan pada logam berat dari limbah industri juga sangat mampu mencemari tanah. Apabila unsur dari logam berat yang berbahaya kemudian diserap oleh tumbuhan, maka dapat masuk ke dalam tubuh organisme-organisme lain melalui aliran materi dalam sebuah rantai makanan. 

Cara yang dapat ditempuh untuk mencegah terjadinya pencemaran tanah ini dapat dilakukan dengan mendaur ulang limbah. Limbah organik dari sisa tumbuhan dan juga hewan dapat djadikanpupuk kompos. Sedangkan untuk limbah anorganik plastik dan aluminium dapat didaur ulang menjadi sebuah peralatan rumah tangga dan mainan anak-anak.

Polusi terhadap air

Polusi air terjadi karena beberapa polutan, yaitu :

  1. Limbah cair

Limbah cair, yang mulanya berasal dari hasil pembuangan industri dan rumah tangga. Air yang sudah selesai digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti, minum, memasak, mencuci, dan yang lainnya dibuang begitu saja inilah yang disebut sebagai limbah cair. Efek negatifnya terhadap kesehatan sangatlah nyata dengan banyaknya dokter yang melakukan berbagai upaya penanganan tipes, penanganan prostat, penanganan kista dan mioma serta mencari berbagai solusi alergi, solusi demam berdarah, solusi kulit, solusi asam urat, solusi maag, solusi malaria, juga terapi wasir dan bab yang paling tepat.

  1. Pestisida

Pestisida mulanya berasal dari berbagai kegiatan pertanian. Pestisida adalah sejenis racun kimia yang digunakan untuk membunuh hama, berupa insektisida, fungisida, herbisida, dan juga rodentisida). Jika limbah ini sampai masuk ke aliran sungai atau danau, maka pestisida dapat masuk ke dalam rantai makanan.

  1. Minyak bumi

Limbah minyak bumi mulanya berasal dari tumpahan kapal tanker. Tumpahan minyak ini yang kemudian menyebabkan kerusakan sangat luas pada kehidupan di bawah laut, seperti kerang, terumbu karang, dan juga ikan. Bahkan burung pemakan ikan pun sukar mencari makanan di laut.

Polusi terhadap udara

Polusi udara ini muncul disebabkan oleh beberapa polutan, yaitu:

  1. Asap

Asap mulanya berasal dari hasilpembakaran rumah tangga, cerobong asap pabrik, kendaraan bermotor dan juga seseorang yang merokok. Jika Anda sudah sadar bahwa merokok dapat merugikan kesehatan sekaligus menyebabkan polusi udara mengapa tidak melakukan upaya penangan berhenti merokok sesegera mungkin untuk diri sendiri dan lingkungan. Jika asap-asap tersebut dihirup oleh manusia dapat mengakibatkanmacam-macam penyakit mulai dari yang ringan hingga berbahaya. 

Asap telah mengakibatkan banyak tenaga medis kualahan dalam menjalankan proses penanganan pernapasan, penanganan autis, penanganan jantung, terapi kanker dan terapi stroke.Asap juga mengakibatkan turunnya intensitas cahaya matahari sehingga mempengaruhi proses fotosintesis yang akhirnya akan menggangu rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

  1. Karbon monoksida

Karbon monoksidaKarbon monoksida mulanya berasal dari sisa pembakaran bahan bakar fosil. Karbon monoksida ini merupakan gas yang sangat beracun, tidak berwarna, dan berbau pekat. Gas ini berikatan erat dengan hemoglobin sehingga dapat menghalangi proses pengikatan oksigen dengan hemoglobin, akibatnya ketersediaan oksigen di dalam tubuh akan sangat menurun. 

Jika konsentrasi karbon monoksida yang ada di udara lebih dari 100 ppm dapat akan sangat berdampak buruk pada kesehatan. Jika hal ini benar terjadi di suatu lingkungan akan sangat membutuhkan upaya penanganan sakit kepala, penanganan diabetes, solusi ginjal, solusi kolesterol, solusi syaraf, solusi tulang, terapi hati, terapi darah tinggi, terapi imunitas, dan terapi batu empedu yang tepat.

  1. Sulfur dioksida

Sulfur dioksida mulanya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil yang mempunyai sifat korosif. Sulfur mengakibatkann iritasi pada mata dan juga kerusakan pada organ paru-paru. Sifat korosif mengakibatkan berbagai jenis bangunan, jebatan, maupun monumen menjadi rusak, serta memberikan kontribusi pada terjadinya hujan asam.

  1. Timah

Timah mulanya berasal dari sisa pembakaran kendaraan bermotor. Jika asapnya terhirup dalam konsentrasi tinggi dapat mengakibatkankondisi kesehatan mengalami ganguan serius.

Polusi terhadap suara

Polusi suara mulanya disebabkan oleh adanya bunyi pesawat terbang, kereta api, kendaraan bermotor, mesin pada pabrik yang telalu gemuruh. Pencemaran suara ini dapat mengganggu pendengaran bahkan dapat juga meningkatkankinerja jantung yang akhirnya menyebabkan seseorang menderita stres.

Untuk dapat terhindar dari bahaya polusi terhadap lingkungan dan kesehatan kita, butuh kesadaran diri yang lebih dalam setiap hati dan pikiran orang-orang di dunia ini. Dengan bertambah modernnya zaman bukan menjadikan bumi sebagai tempat berlindung dengan kehidupan yang damai malah merusak dan merugikan diri sendiri.

Dalam situasi sangat buruk seperti ini dibutuhkan juga kesehatan tubuh yang kuat untuk tetap bertahan hidup dengan kondisi yang sehat. Selalu sediakan suplemen kesehatan untuk dapat membantu sistem imun di dalam tubuh selalu kebal menghadapi serangan bakteri dan virus akibat polusi. Apalagi Anda sangat mudah mendapatkan suplemen kesehatan hanya dengan mendatangi agen terpercaya maupun apotik terdekat.

Leave A Comment...

*